Wednesday, October 8, 2014

Explore Maroko : Ait Benhaddou, Todra Gorge, Gurun Sahara



Jam 7.45 pagi, perjalanan panjang dimulai. Berangkat dari Casablanca, masuk highway sampai di Marrakech, kemudian lanjut di jalan biasa (national road) menuju Ait Benhaddou. Perjalanan menuju Ait Benhaddou melewati High Atlas Mountain. Sepanjang perjalanan terhampar pemandangan bebatuan yang luar biasa. Sampai di Ait Benhaddou sekitar jam 3 sore. Ait Benhaddou merupakan salah satu world heritage site, tempat yang banyak dijadikan lokasi shooting film, diantaranya adalah The Mummy, Gladiator, Babel. Tempat ini terkenal akan kasbahnya, dan sampai saat ini masih ada beberapa keluarga yang tinggal di dalam lokasi ini. Di sini juga banyak terdapat toko-toko souvenir dan resto. Selesai berkeliling lokasi ini, dilanjutkan dengan makan siang menjelang sore di resto yang ada di sini. Dengan menu khas: Tagine :)

 
 
Selesai makan, perjalanan dilanjutkan kembali, melewati Ouarzazate menuju ke TInghir. Sampai di Tinghir sudah malam. Menginap di Dar Ayour Guest House dengan harga MAD 400/malam. Tinghir adalah sebuah oasis, terletak di antara high atlas mountain dan little atlas mountain. Salah satu yang terkenal di sini adalah Todra Gorge. Todra Gorge adalah sebuah ngarai dengan bentuk yang spektakular. Jarak sempit diapit bebatuan yang sangat tinggi dan besar. Dari guest house ke Todra Gorge sangat dekat, bisa jalan kaki. 



Dari Todra Gorge, kembali melanjutkan perjalanan menuju Merzouga. Sebuah kota kecil yang dekat dengan gurun sahara. Sesampai di sini, makan siang dulu sembari tanya dan browsing tenda mana yang akan dipilih. Untuk perjalanan kali ini, tidak memesan hotel/tenda dulu. Hasil ngobrol dengan pemilik resto, ternyata untuk sampai ke tenda, tidak bisa naik mobil, harus naik unta. Dan perjalanan naik untanya sekitar 1 jam. Selesai makan, dengan naik mobil menuju Hassi Labiad Village, di sini banyak terdapat hotel.  Salah satunya hotel Auberge La Source. Dengan harga MAD 700 /malam (termasuk makan malam dan sarapan). Auberge La Source terletak di Erg Chebbi Dunes. Di gurun sahara ada dua erg (sand dunes) yang terkenal, erg Chebbi dan erg Chigaga. Erg Chebbi mempunyai dunes yang lebih tinggi dibanding erg Chigaga. Dari hotel-hotel ini, tamu akan diantar ke tenda dengan naik unta.

Perjalanan dari hotel menuju tenda, harus naik unta selama sekitar 1.5 jam. Karena tidak mungkin dapat dilewati kendaraan. Jam 6 berangkatlah dari hotel menuju tenda. Unta dituntun oleh Bapak guide yang berjalan kaki. Perjalanan naik turun sand dunes, merupakan pengalaman yang tak terlupakan. Sepanjang perjalanan, hanya pasir yang terlihat. Sesampai di tenda sudah gelap. Bapak guide menyalakan lampu, dan  terlihatlah tenda-tenda yang ada. Kompleks tenda ini terdiri atas beberapa tenda untuk tidur, 1 tenda besar untuk tempat makan merangkap kamar tidur, dan 1 tenda untuk dapur. Begitu sampai, Bapak guide langsung masak. Pertama-tama disediakan Moroccan tea. Sembari menunggu makanan matang, Bapak guide memberikan unta makan terlebih dulu.
Akhirnya, sang tagine matang juga. Tagine ayam dengan berbagai macam sayur yang dimakan dengan roti. Kaeo yang sejak dari naik unta sudah senang banget, ditambah lagi nginap di tenda, maka walaupun biasanya gak mau makan tagine, kali ini dengan senang hati dimakanlah kentang-kentang yang ada dengan kuah yang banyak. :) sehabis makan malam yang sudah malam sekali, sempat lihat-lihat bintang dulu sebelum tidur.



Esok paginya, Kaeo bisa bangun pagi dengan gampang. Karena senang bisa main pasir. Udara yang dari sejak dini hari sudah dingin, pagi harinya juga masih sedikit dingin. Kaeo bolak balik “mendaki” gunung pasir, turun lagi, naik lagi. Coba sand surfing yang langsung bisa.

Sekitar jam 8.30, bapak guide sudah menyuruh balik ke hotel. Walaupun belum puas main, tapi karena kalau kesiangan akan kepanasan di jalan, maka segeralah naik unta dan kembali ke hotel. Sampai di hotel sekitar jam 9 lewat. Sarapan roti, telur dan dua cangkir susu coklat untuk Kaeo. 

Sehabis sarapan dan mandi, sekitar jam 11 perjalanan panjang ke Casablanca dimulai.
Berbeda dengan perjalanan pergi, perjalanan pulang melewati rute yang berbeda. Dari Merzouga melewati kota Midlelt (di sini makan siang menjelang sore), Azrou dan Meknes. Dari Meknes masuk ke highway langsung menuju Casablanca. Sampai di Casablanca sekitar jam 10 malam.











No comments:

Post a Comment