Thursday, July 31, 2014

Barcelona



27-30 Juli 2014

Hari ke-1
Setelah 2 jam perjalanan dari Casablanca, jam 10 pagi tibalah di Airport Barcelona. Dengan naik aerobus dan turun di Placa Catalunya, lanjut jalan kaki menuju apartemen tempat menginap.  Lokasi apartemen sangat strategis, terletak di daerah Barri Gotic, dimana dari sini bisa jalan kaki ke berbagai tempat wisata.

Dengan berjalan kaki hanya sekitar 5 menit, tempat pertama yang dikunjungi adalah Cathedral of Barcelona. Peraturan untuk masuk ke dalam katedral ini cukup ketat. Harus berpakaian sopan, tidak boleh pakai celana pendek dan tank top. Area sekitar katedral ini sangat ramai, dipenuhi berbagai toko, resto. Toko-toko branded seperti zara, H&M, Mango, dll lengkap ada semua di sini.

 

Selesai mengunjungi katedral dan makan siang di Pans, kemudian dilanjutkan dengan jalan kaki Picasso Museum yang terletak di El Born area.  Kebetulan sekali, tibanya di hari minggu, karena hari minggu gratis masuk ke museum ini. Dan karena gratis, antreannya super panjang. Beruntumg karena Kaeo cape dan minta digendong, alhasil disuruh masuk duluan, jadi gak perlu antri berjam-jam. Di dalam museum ini, kita bisa melihat berbagai karya seni Picasso.




Dari Picasso Museum, kemudian lanjut jalan kaki ke Placa Catalunya, di sini duduk-duduk sambil nyemil roti dan kasih makan burung yang jinak banget sampai mau makan langsung dari tangan. Kemudian nyebrang ke Las Ramblas. Jalanan yang sangat terkenal di sini. Selain jalur pedestrian yang ada di pinggir jalan, juga ada jalur pedestrian yang lebar di bagian tengah jalan. Di jalur ini banyak resto, kios souvenir, majalah, pelukis dan juga street performance.

Ujung jalan Las Ramblas adalah Harbor Front. Dan di sini juga didirikan Colombus Monument. Menyebrangi jembatan La Rambla de Mar Bridge yang ada di Harbor Front, kita bisa ke Marremagnum Mall.

Hari ke-2
Setelah membeli tiket metro (type T10), hari ini dimulai dengan mengunjungi Hosptal SantCreu yang sudah dijadikan world heritage oleh Unesco. Walaupun sedang dalam renovasi, tetapi pengunjung masih boleh masuk. Dari sini, tinggal jalan kaki menuju La Sagrada Familia yang sangat terkenal itu. Katedral yang didesign oleh Gaudi sampai saat ini masih belum selesai. Sekitar La Sagrada Familia terdapat banyak kerumuman orang. Untuk masuk ke dalamnya, lebih baik membeli tiket secara online, karena antriannya sangat panjang. Karena belum punya tiket, alhasil sekarang hanya foto-foto dari luar saja.

Setelah makan siang di McDonald yang ada di seberang La Sagrada Familia, perjalanan dilanjutkan dengan naik metro menuju Parc Guell, yang juga merupakan rancangan Gaudi. Di area ini ada beberapa tempat yang bisa dilihat, diantaranya Calvary yang merupakan titik tertinggi di Parc Guell. Untuk naik sampai ke sini, perlu stamina yang bagus.

Dari Parc Guell, lanjut lagi naik metro ke daerah Eixample. Area ini merupakan boulevard  besar dengan kiri kanan berisi butik-butik merk terkenal. Di area ini juga kita bisa melihat dua rancangan Gaudi, Casa Batillo dan Casa Mila (La Pedrera). Sayangnya Casa Mila sedang dalam renovasi pada saat itu.





Hari ke-3
Seperti biasa, metro menjadi andalan dalam keliling tempat-tempat wisata. Hari ini, saat dalam perjalanan menuju metro station di daerah Las Ramblas, tidak sengaja melewati sebuah plaza. Ternyata plaza terkenal: Placa Reial. Walaupun masih pagi, sudah banyak orang yang duduk-duduk di plaza ini.






Naik metro dan turun di Placa D’Espanya. Sesuai dengan namanya, tempat ini berupa lapangan/plaza yang cukup besar, di sekitarnya ini ada beberapa tempat yang bisa dikunjungi, diantaranya Las Arenas, tempat ini dulunya adalah tempat bullfighting dan sekarang dijadikan mall. Kemudian ada Catalan Art Museum. Semuanya bisa dijangkau dengan jalan kaki.


Untuk makan siang kali ini, mencoba makan di resto makanan spanyol, tapa tapa yang ada di dalam Las Arenas. Salah satu makanan khas Spanyol yang dicoba adalah Paella. Bentuknya seperti nasi goreng, hanya rasanya gak sama. Selain itu juga ada sate ayam dengan bumbu khas spanyol.
Setelah makan siang, dengan terburu-buru langsung naik metro menuju ke La Sagrada Familia. Karena dapat jadwal masuk jam 2.15 (setiap pemesanan tiket, pengunjung akan diberikan jadwal jam masuknya). Harga tiket EUR14.80 per orang. Anak-anak dibawah 11 tahun masih gratis. Untunglah hanya terlambat sekitar 5 menitan. Karena sudah punya tiket, jadi tidak perlu ikut antrian panjang untuk membeli tiket masuk. Bagian dalam La Sagrada Familia ini sama menakjubkannya dengan tampak luarnya. Banyak bentuk lengkung yang berguna dalam kualitas akustik, juga kaca patri warna warni yang membuat cahaya matahari yang masuk ke dalam ruangan menjadi warna warni. Selain katedral, kita juga bisa masuk ke museumnya. Di sini dapat dilihat bagaimana konsep, cara pembangunan dan hal-hal yang berhubungan dengan pembangunan katedral ini.

Hari ke-4
Hari terakhir, diisi dengan pergi ke Mountjuic, bukit dimana dari sini kita bisa melihat pemandangan kota Barcelona. Untuk sampai ke tempat ini perlu naik metro diagonal kemudian lanjut naik funicular. Selain jalan-jalan di taman, di sini kita juga bisa meihat Castle of Montjuic dan Fundacio Joan Miro (Juan Miro adalah salah satu artist terkenal di Barcelona).

Selepas dari Mountjuic, kembali ke Harborfront untuk makan siang. Kaeo sibuk main di lapangan depan mall. Dari sini kemudian jalan kaki menuju Pantai Barceloneta dan menikmati sisa hari di sini.

No comments:

Post a Comment