Thursday, April 16, 2009

Penang, Malaysia


13-15 april 2009

Liburan ke Penang, memanfaatkan hari libur panjang di Thailand karena perayaan songkran. Berangkat pagi, eo yang masih tidur digendong bawa pergi ke airport. Pesawat take off pk. 07.25, naik air asia, ambil paket go holiday (tiket + hotel : THB 12.500). sampai di penang sekitar pk. 10.00 (waktu penang – beda 1 jam dengan bkk). Dari airport ke hotel, naik bus (RM 2/orang).


Turun di jetty, kemudian lanjut naik taxi (RM 10) ke tune hotel. Sebenernya bisa turun di komtar (waktu naik bus), tapi karena gak tau lokasi hotelnya, jadi salah turun. Karena sampai hotel pk. 13.00, jadi belum bisa check in. hanya titip koper (bayar RM 1), kemudian pergi makan siang ke perangin mall (jalan kaki dari hotel), di sana makan di kedai melayu (kwetiaw goreng), eo makan masakan yang udah disiapin dari malam sebelum berangkat (sop tahu). Selesai makan, belanja ke giant, beli roti dan pisang untuk eo (dalam 1 sisir pisang, ada 3 pisang yang sudah matang dan 4 yang masih belum matang-bahkan sampai balik ke bkk juga belum matang2). Dari giant, kemudian balik ke hotel untuk check in. sesampai di kamar hotel, langsung mandi. Tune hotel, yang dikelola oleh air asia punya system yang beda dengan hotel biasanya. Dimana untuk ac harus beli kupon, kemudian untuk toiletries kalo mau disediakan oleh hotel, harus bayar, begitu juga dengan hair drye. Kamarnya dilengkapi dengan kipas angin. Di dalam kamar hanya ada tempat tidur, nakas, gantungan baju, dan meja lipat kecil. Sedangkan untuk kamar mandinya standard seperti hotel umumnya.

Selesai mandi, kemudian memulai walking tour ke area unesco heritage site, dengan rute ke jalan penang, kemudian ke lebuh Campbell, lebuh canon (melihat mesjid kepitan keling), kemudian lanjut ke jalan masjid kapitan keeling (di jalan ini ada goddess of mercy temple dan st. george church). Kemudian jalan ke lebuh china (melihat pinang peranakan mansion), lanjut ke area jetty. Sehabis dari sini, kemudian jalan pulang dengan rute yang sama. Dalam perjalanan pulang, makan malam di nasi kandar (khas penang) yang sudah ada sejak dari 1943 di jalan masjid kapitan keling. eo makan yang sama dengan makan siangnya. Waktu makan, turun hujan, jadi balik ke hotelnya jadi pakai payung.

Sesampai di hotel, main dengan eo. Kemudian pk. 08.30 eo bobo. Karena sepanjang perjalanan, eo kebanyakan maunya digendong, mungkin karena terlalu lama, eo sering minta turun jalan. (padahal biasanya eo betah banget kalo digendong). Teman eo dalam perjalanan ke penang ini adalah tiger.

Hari kedua, pagi2 bangun, eo sarapan cereal pakai susu dan chessestick (yang memang dibeli di TOPS persiapan sebelum berangkat-karena termasuk makanan favorit eo). Kemudian jalan menyusuri jalan burma, lalu belok ke nagore place (heritage shophouses). Menyusuri jalan sultan haji ahmad shah, belok ke lebuh leith melihat cheong fatt tze mansion (hanya melihat dari luar, karena belum jam buka), kemudian masuk ke jalan penang, nyamil makan di resto di jalan penang (makan char kwe tiao – lagi). Dari jalan penang kemudian menuju ke penang hill, naik rapid bus 204. dalam perjalanan, eo muntah (mungkin karena jalannya berbelok2).

Di penang hill, naik cable train (RM 4) – sekitar 30 menit. Sesampainya di atas, makan siang soup ayam (untuk eo dan mama), nasi goreng (untuk papa). Di sini eo senang, karena bisa jalan2 (gak digendong terus). Kemudian dari penang hill jalan balik ke hotel, tetapi walking tour dulu di heritage site (karena papa baru dapat peta walking tour dengan rute yang diberi tahu). Jadi selepas turun bus di komtar, jalan menuju ke jalan penang, lebuh Kimberley, masuk ke lebuh aceh, menyusuri lebuh cannon, lebuh masjid kapitan keling, kemudian belok ke lebuh light (melihat city hall dan town hall dan juga fort cornwalls dan queen Victoria diamond jubilee clock tower). Dari sini kemudian jalan balik ke hotel, namun karena mengejar waktu ingin ke batu ferringih, sesampainya di jalan masjid kapitan keling, naik trishaw ke hotel (RM 5).

Sesampainya di hotel, mandi. Eo makan yogurt (yang beli di 7 eleven waktu nunggu bus ke penang hill di jalan penang), kemudian langsung jalan lagi naik rapid bus 101 ke batu ferringih.

Dalam perjalanan, sempat salah turun – kecepatan turunnya, jadi tunggu bus lagi, lanjut sampai night market batu ferringih. Di sini makan malam (eo makan malam pakai kuah sup yang beli siang di penang hill-hanya nasi dan kuah, eo makannya banyak, mungkin karena siang eo makannya dikit sekali) dan lihat2 night marketnya. Gak terlalu lama, karena sudah malam, langsung naik bus balik ke hotel. Sesampainya di hotel, eo yang di bus sudah ngantuk, segar lagi, main sampai pk. 11, baru bobo.


Hari ketiga, sehabis bangun pagi, langsung berangkat menuju airport, pagi ini hujan. Sesampai di airport sarapan di Pinang Kopitiam. pesawat take off pk. 10.35. sepanjang perjalanan di taxi ke airport, eo bobo. Di pesawat eo sempet main dengan anak seumuran eo yang duduk di kursi belakang eo. Pesawat mendarat di suvarnabhumi airport pk. 11.05.

Dalam liburan ini gigi geraham kiri bawah eo tumbuh, sebelum berangkat yang baru keliatan hanya putih2 di gusi, setiba di Bangkok kembali, giginya sudah muncul.

No comments:

Post a Comment