Tuesday, May 5, 2015

Weekend Gateaway : Milan, Lake Como & Florence



01-03 May 2015
Milan, Lake Como  & Florence


01 Mei 2015, Lake Como & Milan
Karena long weekend dan ketemu tiket murah dari Air Arabia, jadilah jalan-jalan ke Milan yang sudah direncanakan dan batal beberapa kali. Pesawat take off jam 7 pagi, perjalanan 3 jam. Tiba di Bergamo Airport jam 10.55 (karena ada perbedaan waktu 1 jam dengan Casablanca). Di depan bandara langsung dapat dilihat “pangkalan” bus. Dan karena bus yang ke arah Milan Centrale banyak, maka begitu keluar langsung ketemu bus dengan tujuan ini. Tarif 5 euro per orang (anak di atas 5 tahun sudah harus bayar dengan tariff sama – 5 euro). Perjalanan sampai ke Milan Centrale sekitar 1 jam. Bus berhenti tepat di depan Milan Centrale Railway Station.

 

Setiba di Milan Centrale langsung dijemput oleh teman yang sudah bermukim 11 tahun di Milan. Karena esoknya rencana berangkat ke Florence, beli tiket dulu di sini. Tiket promo untuk 2 orang pergi bersama seharga 50 euro (total untuk 2 orang). Stasiun yang dibangun sejak tahun 1900 ini besar dan melayani perjalanan domestic dan international.

Setelah itu lanjut naik subway dan kereta menuju ke Lake Como. Perjalanan sekitar 45 menit. Setiba di stasiun kereta, langsung dapat dilihat pemandangan kota Como yang mengelilingi danau. Sebelum mulai “hiking” (makan siang menjelang sore) dulu di resto yang ada di seberang danau. 

Dari stasiun di Lake Como jalan kaki ke arah Funicular Como-Brunate, yang berlokasi di Piazza Alcide de Gasperi. Untuk sampai ke bagian atas Brunate diperlukan waktu sekitar 7 menit dengan tariff 5.5 euro (pp). Dari atas dapat dilihat pemandangan kota Como yang mengelilingi danau. Di sini kita bisa melihat gereja Santa Andrea, juga bila diteruskan berjalan kaki, bisa melihat lighthouse yang terkenal, Voltian Beacon. Hanya sayang karena saat itu sedang hujan (walaupun rintik-rintik), jadinya sangat berkabut. Sehingga tidak banyak yang bisa dilihat. Dan karenanya diputuskan untuk jalan balik dan mampir ke resto untuk snack time.

Dari Lake Como kemudian kembali naik kereta ke Milan. Hujan masih terus turun, walaupun rintik-rintik. Turun di stasiun subway Duomo, begitu keluar dari stasiun langsung disambut oleh Piazza del Duomo yang dikelilingi berbagai bangunan, diantaranya Cathedral Milan, Galleria Vittorio Emanuele II, Royal Palace of Milan dan juga monument King Victor Emmanuel II.

Cathedral Milan yang dibangun dengan gaya gothic merupakan gereja terbesar di Italy dan kelima terbesar di dunia. Sesuai dengan gaya gothic, maka dapat dilihat betapa detail ornament-ornamen yang dibuat. Di bagian atas Cathedral terdapat patung Madonnina yang dilapis emas.

Galleria Vittorio Emanuele II merupakan salah satu shopping mall tertua di dunia. Dengan Terdiri atas dua arcade, dimana pertemuan kedua arcade tersebut bagian atapnya dibuat dome dari bahan kaca. Di sini dapat kita jumpai berbagai toko, resto dan café.

 

 

Dari Piazza del Duomo lanjut jalan kaki ke Sforza Castle. Karena sudah tutup, hanya bisa foto bagian luarnya saja. Castle ini dibangun pada abad 15 oleh Francesco Sforza, Duke of Milan. Dibangun pada zaman renaissance, digunakan sebagai benteng pertahanan. Saat ini dijadikan museum dimana bisa ditemukan karya-karya artis terkenal, diantaranya Leonardo da Vinci dan Michelangelo.

Selesai dari sini, makan malam di resto yang ada di belakang Cathedral dulu sebelum naik taxi menuju apartemen.

 

 

02 Mei 2015, Florence

Florence adalah Ibukota bagian Tuscany. Florence adalah tempat lahirnya Renaissance, tempat dimana berbagai masterpiece karya seni dan arsitektur dapat ditemukan.

Berangkat dengan kereta pagi, jam 7.15, dari Milan Centrale Railway Station. Perjalanan sekitar 2 jam. Tempat-tempat wisata di Florence semuanya dapat dicapai dengan berjalan kaki. Dari stasiun kereta tinggal berjalan kaki sedikit langsung sampai ke Basilica of Santa Maria Novella, yang terletak di Piazza di Santa Maria Novella. Gereja yang dibangun pada abad ke 12 ini merupakan salah satu gereja gothic yang penting di Tuscany. Bagian bawah façade bangunan dihias dengan marmer dengan warna putih dan hijau disusun bergantian yang merupakan ciri gereja di Forence.

 

 

 Dari sini jalan kaki ke The Cattedrale di Santa Maria del Fiore, yang merupakan gereja utama di Florence. Dibangun pada abad ke 12, façade gereja ini dicover dengan marmer berwarna hijau, putih & pink dan stained glass di beberapa tempat. Salah satu bagian utama dari bagian luar gereja ini adalah Porta della Mandorla, dengan figure Bunda Maria yang dikelilingi lingkaran cahaya yang besar.

 

 

Berikutnya adalah Mercato Nuovo, sesuai dengan namanya, tempat ini merupakan tempat jualan sejak zaman dulu. Saat ini juga digunakan untuk tempat berjualan berbagai macam barang, tas, baju, souvenir. Selain barang belanja, di sini terdapat Fontana del Porcellino (piglet fountain). Orang yang mengusap hidung patung ini dipercaya akan kembali lagi ke Florence.

Kemudian lanjut jalan ke  Piazza della Signoria, yang merupakan piazza paling terenal di Florence. Di Piazza ini terdapat Palazzo Vecchio. Di  sekeliling Piazza ini dapat kita lihat replica berbagai patung terkenal, diantaranya patung David karya Michelangelo yang terletak di bagian pintu masuk Palazzo Vecchio, patung Rape of the Sabine karya Giambologna, Fountain of Neptune karya Barolomeo Ammannati, The Lion karya Donatelo, Hercules and Cacus karya Bandinelli dan Perseus with the Head of Medusa karya Cellini.

Selain itu di Piazza ini juga terdapat Galleria degli Uffizi, merupakan tempat terpenting di dunia untuk koleksi zaman renaissance. Bila ingin masuk kedalamnya, lebih baik membeli online sebelumnya, karena antrin masuk sangat panjang. Beli online pun harus beberapa minggu sebelumnya, karena sering fully booked. Di dalam Uffizi kita bisa melihat karya-karya Michelangelo, Giotto, Leonardo da Vinci, Raphael dan berbagai artis terkenal lainnya. Dulunya termpat ini merupakan istana yang dibangun tahun 1560. 

 

Melewati Galleria degli Uffizi, kita akan sampai di Arno River. Jembatan yang terkenal di sungai ini adalah Ponte Vecchio, yang merupakan jembatan untuk menyeberangi Arno River yang pertama. Di ujung jembatan ini terdapat berbagai toko perhiasan terkenal.

 

 

Menyeberangi jembatan ini dan melewati jalan dengan berbagai toko, kita akan sampai di Palazzo Pitti. Sesuai dengan namanya, istana ini awalnya dibangun untuk keluarga pitti pada abad ke 14. Kemudian dijual ke Medicis dan menjadi tempat tinggal utama keluarga. Saat ini, istana ini dijadikan museum, yang isinya diantaranya barang-barang dari Medici.

Untuk makan siang, kali ini mencoba makan di resto Mamma Gina yang terletak tidak jauh dari Palazzo Pitti. Resto ini merupakan salah satu resto yang direkomendasikan tripadvisor, frommers, dan sebagainya. Setelah makan siang, tujuan berikutnya adalah Piazzale Michelangelo (Michelangelo Square). Piazza ini terletak di atas bukit. Dari sini dapat dilihat pemandangan kota Florence. Kebetulan pada saat itu, sedang ada festival gelato di Piazza ini. Berbagai macam rasa gelato bisa dicicipi. Nama-nama jenis gelato diberikan sesuai dengan nama chef yang menciptakan rasa gelatonya.

Tidak jauh dari Piazza Michelangelo terdapat San Miniato al Monte, gereja yang dibangun pada abad ke 11 ini merupakan gereja satu-satunya dengan struktur kayu di Florence. Dinding dalamnya dihias dengan fresco dan lantainya dihias dengan mosaics.

Selesai dengan tempat-tempat wisata, karena masih ada waktu, dimanfaatkan untuk melihat-lihat barang kali aja ada yang bisa dibeli. Toko-toko barang branded, banyak di Florence. Selain itu juga ada tempat namanya San Lorenzo Market. Tempat ini menjual barang-barang dari kulit yang tidak branded. Berbelanja di sini harus bisa menawar, karena harga bisa turun hingga separuhnya. Jam 21.15 naik kereta kembali ke Milan. Perjalanan lebih lama, karena kereta yang kali ini banyak berhenti di beberapa stasiun . Tiba di Milan sekitar pukul 23.50. Langsung naik taxi ke apartement.



03 Mei 2015, back to Casablanca
 

Hari ini perjalanan kembali ke Casablanca. Pagi jam 8.30 berangkat dari apartemen, sampai di Milan Centrale Railway Station langsung dapat bus ke arah Bergamo Airport. Pesawat take off jam 11.45, tiba di Casablanca sekitar jam 2 siang.

No comments:

Post a Comment